Adventist Technology Summit (ATS) & Global Adventist Internet Network (GAIN) 2024 : Digital Strategy For Mission, Memotivasi Peserta Untuk Lebih Giat Menginjil Melalui Media

Foto milik Departemen Komunikasi SSD

Adventist Technology Summit (ATS) & Global Adventist Internet Network (GAIN) 2024 yang bertema : “DIGITAL STRATEGY FOR MISSION” dilaksanakan di Chiangmai menambah kepercayaanb diri seluruh peserta untuk lebih terlibat dalam penginjilan melalui digital dan media. Hal ini juga dirasakan oleh 14 delegasi yang hadir dari Uni Indonesia Kawasan Barat yang terdiri dari pegiat Komunikasi & media yang dimulai pada tanggal 8 – 14 Juli 2024. Di koordinasi Pdt Sonny Situmorang, Direktur Komunikasi UIKB seluruh peserta indonesia sudah mengikuti 2 acara yang sangam penting bagi pengembangan pelayanan media. Dibuka dengan acara ATS (Adventist Technology Summit) yang menampilkan semua instrumen teknologi yang digunakan para penginjil Advent diseluruh dunia untuk menjangkau pribadi pribadi yang tidak dapat ditemui secara personal hingga informasi teknologi yang dapat di implementasikan bagi negara yang belum melaksanakannya.

Foto milik Departemen Komunikasi SSD

Acara dilanjutkan dengan pembukaan GAIN dimana sebanyak 50 negara yang hadir Perhelatan yang di inisiasi oleh department Komunikasi General Conference menampilkan pembicara pembicara yang sangat mengerti tentang penginjilan menggunakan digital dan media diantaranya :

  1. Pdt Erton C Kohler, Executive Secretary GC
  2. Mr Paul H Douglass, Bendahara GC
  3. Pdt William Costa, Direktur Komuikasi GC
  4. Pdt Sam Neves, Wakil Direktur Komunikasi GC
  5. Pdt Richard Stevenson, Wakil bendahara GC
  6. DP Harris, Wakil Ketua & IT Loma Linda University
  7. Allysa Truman, Communication Team GC
  8. Justin Woods, Senior Director of Technology GC
  9. Kalau Popa, Inter-European President
  10. Nestor Escobar, Direktur Software Development Inter-European
  11. Terry Benedict, Cinematographer & Producer of the Hacksaw Ridge Movie
  12. Kevin Christenson, Media Story Teller
  13. William Tim, AI Expert
  14. Kyle Portbury, Director of Hopeful Movie
  15. Adrian Dure & Klaus Papa, Project Manager of Christians Movie
  16. Nestor Escobar, Adventist Web Engine Creator
  17. Brent Hardinge, Digital Ministry Director
  18. Marty Jean Luois, Founder Christian Film Festival
    Turut terlibat dalam event ini puluhan expertise yang berasal dari wilayah Asia Pacific yang membuat perhelatan ini semakin menarik. Ketika Tim Komunikasi UIKB mewawancarai Pdt Heshbon Buschato, Direktur Komunikasi SSD yang juga adalah ketua pelaksana mengatakan :”ATS & GAIN kali ini lebih berfokus tentang bagaimana menyampaikan firman Tuhan melalui Digital Strategy For Mission dimana aspek digital akan menjadi garda terdepan dalam memajukan penginjilan digital di seluruh dunia. Beliau juga menambahkan penggunaan teknologi digital untuk misi harus terus di kontrol oleh umat umat Tuhan yang Adalah anda dan saya agar penggunaan teknologi akan lebih maksimal dalam misi Kristus ini. Dibawah ini penekanan penekanan penting yang disampaikan oleh pembicara dikutip dari ANN News SSD :

ATS Fokus Mempercepat Misi
Williams Costa, Jr., Direktur Komunikasi General Conference, membuka pertemuan puncak dengan pesan kebaktian yang menginspirasi. Beliau menekankan pentingnya bekerja secara sinergi, mendobrak hambatan demi misi, dan mengeksplorasi kemungkinan tak terbatas yang ditawarkan teknologi untuk mendukung misi gereja. Dengan penuh semangat, Costa menyoroti komunikasi penting antara pengambil keputusan dan pekerja kreatif, yang penting untuk mendorong pertumbuhan misi yang signifikan dan menjangkau ribuan orang di generasi ini bagi Yesus.

Intelijen, Integrasi, dan Investasi
Paul Douglas, Bendahara GC, menyoroti hubungan intrinsik antara kecerdasan, integrasi, dan investasi. Ia menjelaskan, kecerdasan muncul dari ide-ide inovatif dan konsep pelayanan. Integrasi melibatkan penggabungan perkembangan-perkembangan ini untuk menciptakan hasil yang lebih bermanfaat dan luas serta bermanfaat bagi banyak orang. Investasi memerlukan pemeriksaan secara cermat bagaimana komponen-komponen ini dapat mendukung misi gereja di bawah bimbingan keputusan yang bijaksana dan penuh doa. Douglas percaya bahwa ketiga faktor penting ini membangun strategi misi yang kuat.
Douglas juga membagikan visinya untuk gereja sedunia, menekankan tujuan memanfaatkan teknologi untuk menciptakan sistem berbagi dan penyimpanan data yang lancar. Sistem ini akan mendukung upaya misi gereja yang sedang berlangsung dengan memfasilitasi pertukaran informasi untuk inisiatif administratif dan pelayanan. Selain itu, hal ini juga memungkinkan terjadinya pertukaran sumber daya yang dapat dikontekstualisasikan untuk menjangkau beragam kelompok masyarakat di berbagai organisasi dan lembaga regional.

Foto milik Departemen Komunikasi SSD

Strategi Misi Digital untuk Misi
Richard Stephenson, Bendahara Asosiasi General Conference, mempresentasikan strategi digital untuk struktur misi, yang dikembangkan dan disetujui oleh Komite Misi Pelayanan Digital.
Di garis depan pengembangan strategi, komite ini menempatkan nilai tinggi pada Kepatuhan Perlindungan Data, menekankan kepatuhan terhadap peraturan privasi data dan memastikan keamanan dan perlindungan. Stephenson menekankan bahwa meskipun kita fokus pada pemenuhan misi gereja, penting juga untuk memenuhi tanggung jawab kita sebagai warga bumi ini. Pendekatan ini mencerminkan karakter penatalayanan Yesus sambil dengan setia terlibat dalam misi digital gereja.
Strategi Digital menekankan tiga faktor utama: Infrastruktur Digital, Inisiatif Digital, dan Inovasi Digital. Komponen-komponen ini bertujuan untuk mencapai tujuan spesifik misi digital Gereja Advent, dengan fokus pada keberlanjutan dan aksesibilitas sumber daya, pengumpulan data yang kuat dan protokol keamanan, serta kontekstualisasi strategi digital untuk beragam populasi global. Selain itu, strategi ini berupaya mengembangkan ekosistem untuk berbagai platform Advent, memastikan relevansi sistem dengan gereja-gereja lokal, dan meningkatkan branding dan SEO Gereja Advent.

Foto milik Departemen Komunikasi SSD

Ada satu sesi dimana semua divisi melaporkan kemajuan penginjilan mereka khususnya menggunakan media dan digital evangelism yang membuat semua peserta merasa disatukan oleh misi. Disamping hal hal diatas pegiat pegiat media dari seluruh dunia secara bergantian membagikan dengan sukarela pengetahuan dan pengalaman mereka yang semuanya bertujuan untuk mengedepankan KOLABORASI dari semua entitas dibawah naungan organisasi GMAHK untuk täta menginjil melalui media ministry dan digital evangelism. Sampai berjumpa di GAIN 2025 berikutnya.

Tim Komunikasi & IT UIKB berfoto bersama
Picture of wium.org
wium.org

Post a comment

donate-online